Taman Digital Lubuk Pakam Direspon Positif oleh Masyarakat

Upaya Telkom Sumatra mengedukasi masyarakat dalam hal internet dengan menyediakan taman berfasilitaskan telkomhotspot (Taman Digital), direspon positif oleh masyarakat, salah satunya adalah Taman Digital yang dibangun di Kota Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang atau persisnya di halaman Telkom Lubuk Pakam.


Di taman digital Lubuk Pakam yang dibangun pada 11 Pebruari 2010 tidak pernah sepi dari pengunjung. Setiap harinya rata-rata pengunjung yang menggunakan fasilitas internet gratis ini berkisar antara 60 - 80 pengunjung. Bahkan, mengingat lokasinya yang strategis dan di tengah-tengah kota, tidak jarang pengunjung betah berinternet hingga pukul 23.00 - 24.00 wib

Kebanyakan para pengunjung ini adalah para pegawai dan masyarakat sekitar, namun yang menarik adalah kalangan pelajar atau anak muda justru mendominasi taman digital ini. Selain mereka asyik akses ke berbagai situs jejaring sosial semisal facebook atau twitter, mereka juga serius mengunjungi berbagai situs dalam upaya mencari informasi yang dibutuhkan. Bagi kalangan pelajar, misalnya, mereka juga tidak kalah semangat mencari berbagai informasi yang bisa menambah pengetahuan dan mendukung pelajaran mereka.

Meskipun sangat berterima kasih terhadap apa yang sudah dilakukan Telkom, mereka juga berharap agar kenyamanan taman digital Lubuk Pakam ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan menyediakan power listrik di sana. " Kalau bisa di taman digital ini dilengkapi power listrik karena tidak jarang kami kehabisan battery ", ujar salah seorang pengunjung. Namun dari sisi keamanan, menurut mereka sudah cukup baik.



Selain di kota Lubuk Pakam, di wilayah Kota Medan dan sekitarnya setidaknya juga sudah berdiri 3 (tiga) Taman Digital lainnya, seperti Taman Digital Akhmad Yani, Taman Digital Binjai dan Taman Digital Stabat, yang keseluruhannya dibantun atas kerjasama dengan pemerintah kota dan kabupaten setempat.



Tentang pembangunan Taman Digital Lubuk Pakam, Bupati Drs. Amri Tambunan dan Wakil Bupati Zainuddin Mars bahkan sempat mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur kota, khususnya infrastruktur ICT seperti halnya Taman Digital ini sangat sejalan dengan konsep ? Cerdas? yang dilakukan Pemkab Deli Serdang saat ini.



Sedangkan GM Consumer Service Regional I Sumatra, juga mengungkapkan selain Telkom berupaya membangun infrastruktur Speedy di seluruh Sumatra, Telkom juga terus mengembangkan layanan Telkom Hotspot dan Speedy Learning Center di Sumatra. Ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan digital serta sekaligus untuk meningkatkan daya saing dibandingkan dengan masyarakat lain di Indonesia maupun masyarakat dunia.



Bagi Telkom sendiri, menurutnya, upaya edukasi dan penyediaan infrastruktur Speedy ini tentu juga dmaksudkan untuk meningkatkan penetrasi layanan Speedy di Sumatra. “ Seiring dengan meningkatnya pemahaman dan kebutuhan akses internet diharapkan penetrasi layanan Speedy di seluruh Sumatra juga meningkat. Apalagi bila mengingat potensi Sumatra yang besar “, tutur Overlis. *** dikhyah - CS Reg 1

0 komentar:

Posting Komentar