Telkom Jajaki Merger Flexi dan Bakrie Telecom

Jakarta - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Rinaldi Firmansyah mengatakan pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan PT Bakrie Telecom Tbk terkait rencana merger Flexi. "Kita masih bicara-bicara dulu," katanya saat ditemui di Gedung Telkom, Jakarta, Jumat (4/6)

Ia enggan membeberkan poin apa saja yang menjadi bahasan, termasuk hambatan yang masih menggajal dalam memuluskan langkah konsolidasi itu. Rinaldi menyebutkan, pembicaraan tidak saja dilakukan dengan Bakrie, pemilik operator telepon Esia, tapi juga dengan operator lokal lainnya.

Pelepasan unit usaha Flexi ini merupakan langkah konsolidasi operator lokal akibat jumlah operator di Indonesia terlalu banyak. Menurut Rinaldi, kerjasama dengan operator lain juga untuk mengefisienkan industri telekomunikasi nasional.

Saat ini di Indonesia ada sekitar 10 perusahaan operator telekomunikasi yang dinilai terlalu gemuk. Itu termasuk operator GSM dan CDMA. Banyaknya perusahaan yang bergerak di sektor ini menyebabkan penggunaan frekuensi menjadi tak efisien. Sebagai pembanding, dia mencontohkan Cina yang berpenduduk lebih dari satu miliar hanya punya 3 operator.

Demikian juga dengan Jepang yang memiliki 3 operator, Malaysia 3 operator, dan Australia 4 operator. "Kita lihat benchmarks,” ujar Rinaldi. Ia menambahkan, dengan langkah pelepasan Flexi ini ia memperkirakan bisa menaikkan efisiensi antara 10-20 persen.

Namun sebelum melakukan merger tersebut, Telkom terlebih dulu akan memisah Flexi untuk dijadikan perusahaan baru sebelum berkonsolidasi dengan operator lain itu dilaksanakan. Langkah itu perlu dilakukan, karena jika Flexi masih menjadi divisi bisnis di bawah Telkom, aksi pelepasan Flexi tidak bisa dilaksanakan.

"Karena itu, Flexi harus berbentuk perseroan terbatas sebelum konsolidasi," katanya. Namun, Rinaldi belum bisa menyebut waktu pembentukan Flexi menjadi perusahaan. Demikian pula konsolidasi dengan operator lain. "Nanti kalau kita sudah merasa nyaman," tutur dia.


Sumber
TEMPO Interaktif

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Posting Komentar