Telkomsel Akan Lanjutkan Uji LTE

Jakarta - PT Telekomunikasi Selular akan menguji coba teknologi Long Term Evolution (LTE) dengan frekuensinya sendiri dalam beberapa hari ke depan. Namun setelah itu perusahaan ini akan melanjutkan pengujian di lapangan setelah ini.

Ujicoba ini dilakukan mulai kemarin hingga 27 Juni mendatang. Pengujian dilakukan di tiga tempat yakni di Medan, Jakarta dan Denpasar. Vice President Technology Master Plan Telkomsel Siswanto Dasijo mengatakan pengujian enam hari ini yang sudah dimintakan izin dari Kementrian Komunikasi dan Informatika.

"Setelah ini tetap uji coba dan kami sudah mengidentifikasi lokasi diluar Jakarta," ujar Siswanto dalam konferensi pers di Hotel Gran Melia, hari ini.

Beberapa lokasi yang dipilih yakni Purwokerto, Pelaburan Ratu Sukabumi dan Semarang. Lokasi-lokasi ini inilah yang dinilai tidak berpotensi terjadi gangguan atau interferensi. "Kami tentu membutuhkan izin baru lagi," ujar Siswanto.

Menurut Siswanto uji coba atau test band di Jakarta saat ini tidak memungkinkan karena padatanya penggunaan frekuensi. Meksipun saat ini memakai frekeuensi sendiri, uji coba pun dilakukan di dalam ruangan. Uji coba menggunakan frekuensi 700-1800 Mhz.

Jika teknologi ini nantinya diluncurkan, kata Siswanto, Telkomsel akan menggelar di daerah hot spot seperti pusat bisnis yang membutuhkan mobile broadband tinggi. Layanan 42 Mbps rencananya juga akan digelar di kota-kota besar yang memungkinkan seamless mobility antara LTE dengan 42 Mbps.

Uji coba ini pun melibatkan beberapa vendor seperti Ericsson, Nokia Siemens Network, Huawei, ZTE. Mereka juga melibatkan beberapa perguruan tinggi seperti Institut Telkom, Institut Teknologi Bandung dan lainnya. Sebelumnya Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno melakukan penandatanganan kerjasama dengan beberapa pihak tersebut.

Dalam penandatanganan ini Sarwoto mengatakan uji coba ini untuk memperkuat komitmen Telkomsel. "Kami siap dengan teknologi baru untuk memandu perkembangan industri telekomunikasi seluler di era baru layanan mobile broadband," ujarnya.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring meminta agar Telkomsel mematuhi aturan pemerintah saat ujicoba. Dia meminta agar uji coba ini hanya di dalam ruangan dan tidak menimbulkan interferensi. Uji coba pun harus terpantau pemerintah. "Demo ini pun harus dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi," ujar Tifatul.


Sumber
TEMPO Interaktif

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Posting Komentar