Cloud Computing Telkom Sasar 35 Juta UKM


PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) baru saja meluncurkan teknologi cloud computing, atau dikenal pula dengan komputasi awan, yang menjadi layanan baru dalam Telkom Solution.

Kehadiran teknologi tersebut, dikatakan Vice President Corporate Account Management Telkomsel Nyoto Priyono, akan meringankan beban para pemain usaha kecil dan menengah (UKM) di sektor infrastruktur TI.

Untuk diketahui, cloud computing adalah solusi ICT melalui mekanisme komputasi awan yang memungkinkan user menggunakan ataupun menyewa layanan ICT, sedangkan pengelolaan infrastruktur, platform, maupun aplikasi IT services dilakukan oleh provider.

"Kebanyakan operasional UKM saat ini masih menggunakan sistem manual. Menurut data Kementerian Negara Koperasi dan UKM, setidak-tidaknya ada sekitar 35 juta UKM yang belum tersentuh solusi TI yang bisa membuat mereka lebih efisien," ujar Nyoto.

"Jumlah itu lah potensi pasar untuk solusi baru kami. Jadi, mereka (UKM) bisa terbebas dari kocek investasi, tak perlu membeli server, aplikasi, dan lain-lain. Biar perseroan yang mengurus inventori mereka, termasuk laporan keuangan, pajak, dan segala sesuatu yang terkait solusi TI mereka," tandasnya.

Terkait kocek yang musti dikeluarkan para pengusaha SME (small medium enterprise), istilah lain untuk UKM, Telkom dan Telkomsel mematok budget di kisaran 4-5 juta rupiah. "Jumlahnya sangat masuk akal. Hitung-hitung bayar parkir ke perseroan," tutur Nyoto.

Saat ini, dia memaparkan, Telkomsel sendiri memiliki 4.500 pelanggan korporasi di segmen UKM, sementara untuk korporasi secara keseluruhan ia memiliki 6.500 perusahaan.

"Hingga akhir 2010 nanti, kami menargetkan tambahan klien 500 UKM. Tapi, secara keseluruhan hingga akhir tahun kami berani menargetkan jadi 9.000 pelanggan korporasi," tukas Nyoto.



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Posting Komentar