Demo Live LTE Pertama NSN Sudah Digelar di Indonesia


LTE (long term evolution) di tanah air sudah makin dekat dengan kenyataan. Siang tadi di Jakarta, telah sukses digelar demo live LTE, mulai dari putar video HD, unduh video HD sampai percakapan suara.

Menggunakan dua BTS Flexi NSN (Nokia Siemens Networks) dengan dua antena internal, sebuah laptop yang dipasangi dongle LTE besutan Samsung dan sebuah HDTV, Nokia Siemens Networks memperagakan secara live demo LTE. Karena LTE belum resmi diperbolehkan di tanah air, dalam demo tersebut, kedua BTS Flexi NSN diletakkan berdekatan dalam sebuah ruangan hotel. Selain itu frekuensi yang digunakan rendah, agar tidak mengganggu frekensi yang sudah ada.

Jarak antara kedua BTS itu tidak sampai lima meter. BTS itu sendiri tak tinggi, sekitar 75cm. Masing-masing BTS ditemani oleh sebuah antena yang juga tidak terlalu tinggi, sekitar 2m.

“BTS boleh ditaruh di outdoor, terkena hujan dan panas matahari. Tidak usah didinginkan dengan AC, tetapi pakai kipas pendingin saja sehingga hemat energi,” tutur Nils Kleeman (Head of Mobile Broadband Sales, APAC, Nokia Siemens Networks).

Untuk demo pertama, Nils memperlihatkan empat video HD yang preview-nya disajikan secara paralel dalam satu layar HDTV. Setelah itu dipilihlah salah satu video HD 720p untuk diputar langsung dari sumber. Video mengalir sangat mulus, tanpa jeda apa pun. Kecepatannya tercatat 10,63MB/s/. Latency test untuk LTE ini berkisar 15 – 20 ms, bandingkan dengan HSPA yang membutuhkan 60ms.

Pada peragaan kedua, ditunjukkan bagaimana cepatnya sebuah video HD berukuran 600MB dalam format WMW diunduh. Menggunakan perangkat Class 1 (dengan kecepatan 100MB/s), video tersebut tuntas diunduh hanya dalam waktu 1 menit 10 detik, jauh lebih cepat dari jika menggunakan teknologi HSPA yang ada sekarang.

Peragaan ketiga melibatkan panggilan suara dengan menggunakan perangkat (ponsel) yang ada. Ini pun sukses terlaksana, kendati terdengar delay saat demo.

Peragaam keempat adalah yang paling memikat: main game Wii online. Diperagakan bagaimana pengguna bermain game tenis melawan Sharapova secara online secara mulus (dan cepat). Kecepatan downlink kali ini terekam 27MBps.

Selain keempat peragaan tersebut, diperlihatkan juga bagaimana handover (peralihan) dari satu BTS ke BTS lain berlangsung tanpa menginginterupsi klip video HD yang sedang diputar.

Lalu kapan LTE bisa kita nikmati? Jawabannya tergantung pada kesiapan operator dan juga persetujuan regulator (pemerintah). Menurut Nils, di seluruh dunia sudah 64 network di 31 negara yang menyatakan komitmennya untuk menggelar LTE. “Sampai 22 network LTE diharapkan akan tergelar pada akhir 2010, ini termasuk Indonesia, “ kata Nils. Dari sisi perangkat, menurut Nils, chipset dari vendor (termasuk dongle) akan tersedia mulai pertengahan tahun 2010.

Nah kita tunggu saja pengumuman dari para operator telekomunikasi kita. Sebab dalam acara demo ini, secara terpisah NSN juga mengundang enam operator GSM, di antaranya Telkomsel, Axis dan Hutchinson.



Sumber
JAKARTA, KOMPAS.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

0 komentar:

Posting Komentar