XL Sisihkan Rp15 Miliar untuk CSR

PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) telah mengalokasikan dana sebesar Rp15 miliar untuk tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility, CSR) di tahun 2010.

"Tahun ini, sekitar 15 miliar rupiah," kata Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL Axiata kepada VIVAnews.com di Jakarta, Senin, 26 Juli 2010. "Tapi, disesuaikan kebutuhan saja, karena bisa saja sewaktu-waktu lebih dari itu."

Berbeda dengan perusahaan BUMN, XL Axiata, yang sebelumnya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk, menyiapkan dana segar CSR dari kocek perusahaan. "Kalau BUMN diambil dari laba bersih dengan persentase tertentu, kami cukup menyiapkan Rp15 miliar per tahun," jelas Ira.

Minggu lalu, XL Axiata kembali meluncurkan program Komputer untuk Sekolah (KUS) sebagai salah satu ativitas tanggung jawab sosialnya. Peluncuran tersebut dilakukan oleh Menteri Pendidikan Mohammad Nuh dan Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi.

Untuk program KUS yang sudah berjalan sejak lima tahun 2005, di tahun ini, anak perusahaan Axiata Group Berhad itu akan menyalurkan donasi komputer ke sekurangnya 60 sekolah SMP dan SMA di 10 provinsi. Untuk itu telah disiapkan 200 unit komputer, minimal tiga unit komputer untuk tiap sekolah.

Selain itu, bekerja sama dengan Yayasan Nurani Dunia selaku pelaksana program, Sun Microsystems, Huawei, dan Indologistic, XL Axiata juga menyiapkan koneksi Internet di lokasi sekolah yang memungkinkan untuk dijangkau.

"Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dapat membantu kita dalam menjembatani kesenjangan kualitas pendidikan antara sekolah maju di perkotaan dan sekolah minim fasilitas di luar kota," ujar Hasnul melalui keterangan pers.

"Dengan program ini, kami ingin membantu sekolah-sekolah di daerah secara komprehensif melalui fasilitas komputer serta jaringan Internet," imbuhnya.

Memang, lanjut Ira, tanggung jawab sosial XL difokuskan pada TIK dan edukasi. Sisanya, berbentuk bantuan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. "Khusus pendidikan, kami alokasikan Rp10,5 miliar, sekitar 70 persen dari total dana CSR," katanya.



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html